Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060 – Arti kata TERBAIK

tugasafika.comReview Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060! Laptop gaming paling baru dari ASUS yang saking barunya bahkan ASUS Indonesia pun belum sempet bikin acara launchingnya.

Tapi karena reviewer di luar negeri udah pada bahas dan hasilnya bagus banget, pada bilang kalau ini adalah salah satu laptop gaming terbaik buat tahun 2021 saya jadi penasaran banget.

Apalagi nih laptop kan punya status sebagai penerus dari Zephyrus G14 yang dulu pernah kita bahas, dan disana saya ada bilang kalau G14 itu laptop gaming terbaik yang pernah saya coba. Jadi tambah penasaran.

Untungnya, saya tiba tiba inget kalau cara ASUS jualan laptop di Indonesia itu… “Agak aneh” Walaupun barangnya belum ada acara selametan dari yang punya merek kayak G15 ini tapi unit resminya udah disebar dulu ke pasaran, dan toko-toko udah pada nyuri start buat jualan Makanya saya bisa dapetin nih laptop yang versi resmi Indonesia, lebih cepet malah lewat toko.

Ga perlu nunggu ASUS launching dulu, Ntah kenapa mereka ga launching-launching, nunggu tanggal bagus mungkin ?

Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Sekarang kita mulai aja ngebahas si RoG Zephyrus G15 GA503QM. Disini saya nyebutnya harus lumayan spesifik ya, GA503QM. Karena di pasaran juga ada banyak Zephyrus G15 yang lain harganya nggak jauh beda, tapi produknya itu nggak segila yang kita bahas kali ini Jadi jangan salah.

GA503QM atau GA503 Atau bisa pake cara lain yang lebih gampang. Tinggal bilang gini ke abang tokonya “Bang, saya lagi nyari Zephyrus G15 yang desainnya ada titik titik itu lho” Pasti abangnya langsung ngerti.

Karena salah satu bagian yang khas dari Zephyrus G15 ada di bagian covernya ini yang punya 8279 lubang kecil kata ASUS, saya nggak ngitung dan di dalem lubangnya ini ada lapisan film prismatik yang kalau kita kasih cahaya pantulannya bakal kayak pelangi-pelangi gitu.

Buat yang penasaran apakah G15 juga punya teknologi Anime Matrix kayak G14 teknologi LED yang bisa kita custom-custom itu, Jawabannya nggak ada cuma ada pelangi ini aja.

Agak sayang sih Walaupun memang nggak penting-penting banget tapi itu salah satu bagian yang paling saya inget dari G14 untungnya, bagian yang juga saya paling inget dari G14 yaitu soal bobotnya yang enteng tetep bisa ditemuin di Zephyrus G15 Kurang dari 2 KG.

Ini termasuk enteng banget buat sebuah laptop gaming yang pake bahan metal lebih spesifiknya itu magnesium-aluminium dengan batere yang gede juga, 90Wh yang buat pemakaian kantoran bisa tahan 6 jam lebih, terus ukuran layarnya 15.6 inci dan tentu aja spek mesinnya juga yang kelas berat punya Semua bisa dibungkus dalem bobot yang kurang dari 2 KG Mantab sih.

Charger Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Charger Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Kalau bobot chargernya sendiri sekitar 600 gram, dayanya 100 Watt, Kalau misalnya anda males bawa chargernya karena 600 gram itu tambahan yang lumayan. Anda juga bisa ngecas nih laptop lewat port USB Type C, udah support ngecas juga, tapi performa maksimalnya beda ya kalau kita bandingin sama charger bawaannya.

Jadi kalau laptop ini lagi dipake buat kerjaan enteng bisa kita pake charger Type C yang ada di kantor mungkin, tapi kalau misal kita pengen main game, harus pake charger bawaan. Posisi nyoloknya sama-sama dari sebelah kiri sih.

Karena di sebelah kiri laptopnya ini kita bisa nemuin 1 port DCIN, 1 HDMI 2.0, port RJ45, USB type A 3.2 Gen 2, 2x USB type C 3.2 Gen 2 yang support PD dan display plus ada combo jack juga
Portnya banyak. Di sebelah kanan ada USB type A 3.2 Gen 2 lagi ada micro SD card reader dan ada Kensington lock Layar laptop ini tentu aja bisa dibuka dengan satu tangan.

Interior Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Di dalemnya kita bisa ngeliatin interior yang serba gelap buat varian Eclipse Grey ini. Ada satu lagi varian yang putih namanya Moonlight White yang bagian keyboardnya putih tapi bezel layarnya item pilih aja sesuai selera.

Pas kita idupin, pake tombol power yang juga ngerangkap sebagai fingerprint reader buat Windows Hello ini, kita bakal disambut oleh layar IPS Anti glare 15.6 incinya yang punya resolusi Quad HD alias 1440p, refresh rate-nya 165Hz dan response time 3 ms Cakep! Udah gaming banget.

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Buat tingkat akurasi warnanya juga jempolan udah sampe 100% DCI-P3, cocok buat yang seneng ngolah gambar dari photoshop sampe ngedit video. Tombol tombol di keyboardnya enak buat dipake ngetik, feelnya lumayan lembut nggak bener bener clicky.

Tapi bisa kerasa mantep dan trackpad di bawahnya juga punya ukuran yang gede banget. Kayak semua yang kita harapin dari sebuah laptop, bisa kita temuin di Zephyrus G15 ini Kecuali satu,

Webcam Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Zephyrus G15 ga punya built in webcam yang bisa kita langsung pake buat video call atau apalah. Sayang banget, apalagi meeting zaman sekarang udah serba online mau meeting kantor, kuliah, sekolah, semuanya serba pake webcam, untungnya ASUS ada ngasih solusi berupa bonus webcam eksternal di paket penjualan Ya lumayan lah.

Walaupun pastinya tetep enakan webcam yang udah ketanem di sekitar layarnya, soalnya kayaknya webcam kualitasnya nggak terlalu kita pikirin ya, Lebih mikirin soal ada atau nggaknya, ya udahlah kali ya, pikir anda yang gamer banget yang ada webcam atau nggak.

Keyboardnya enak diketik terus trackpadnya gede mungkin itu nggak ada artinya buat anda, yang lebih pentingin performa dia pake speknya kaya gimana dan FPSnya dapet berapa banyak
ya semakin banyak semakin oke kan.

Mesin Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Yaudah kita langsung bahas bagian yang memang paling seru dari laptop gaming yaitu mesinnya! Tadi saya ada bilang kalau mesinnya kelas berat ya karena processor yang dipake memang udah garang banget.

AMD Ryzen 9 5900HS 3.1GHz yang up to 4.5 GHz dengan cache 16MB, RAM 8GB yang udah kesolder plus ada satu lagi RAM 8GB SODIMM yang bisa diganti jadi total 16GB dual channel.

Terus SSD 1TB M.2 NVMe PCIe dan GPU Nvidia RTX 3060 yang 6 GB. Bagian GPU di laptop ini agak menarik sih karena kalau di luar negeri rata rata pada ngebahas yang RTX 3070, kalo nggak yang RTX 3080 belum ada yang nyebutin soal 3060.

Tapi di Indonesia saya baru nemuin yang 3060 di toko-toko, mungkin beda negara beda varian GPU kali ya. Ntah di Indonesia bakal ada yang 3070 nggak saya ngarep tentu aja ada Nanti kita tungguin aja info resmi dari ASUS pas mereka launching

Performa Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Performa Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Sekarang kita coba liat performa dari varian RTX 3060 yang ini dulu. Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060 Kita mulai dari benchmark Cinebench R20 aja yang biasa yang fokus banget ke processor Ryzen 5900HS-nya. Buat single core, dia dapetin skor di 550 poin dan multi core 4900an poin.

Skor multicorenya jauh lebih tinggi dari skor tim biru yang i9-10900HK yang dapetin skornya itu sekitar 3900an Bedanya sampai 25% lho. Kalau buat single corenya, unggul sekitar 50 poin, jadi 10%, 550 banding 500, jadi secara power dari processor, nggak usah diraguin lagi sih, beneran cepat lah.

Salah satu yang paling kenceng buat processor laptop. Apalagi laptop yang tipis kayak nggak ada lawan gitu lho, buat speed SSDnya juga kenceng, angka 3000MB/detik itu udah tembus. Aman.

GPU Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Kita langsung loncat ke bagian GPU aja, yang pake RTX 3060, seberapa kenceng nih laptop. Kalau buat main game yang enteng kayak CS:GO tentu aja aman, layar 165Hz bisa dimaksimalin banget karena FPS yang didapet juga selalu ngelewatin itu.

Terus kalau buat main yang lebih berat dikit kayak Overwatch masih enteng juga juga tapi lebih berat juga masih aman kalau pengen maksimalin layar 165Hz, settingannya pake yang Epic itu aman paling tinggi, tapi resolusi diturunin ke Full HD aja.

Kalau misalnya mau mentok 1440p di setting Epic tetep dapet biar grafiknya badabest kalo kata Nex Carlos kita harus kompromiin FPS di 100-120 aja. Termasuk kenceng banget masih, tapi memang nggak bisa maksimalin layarnya yang 165.Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Pilih aja framerate atau resolusi kalo saya tergantung game Kalau Overwatch jelas framerate, Kalau game yang lebih fokusin ke grafik yang bagus kayak Shadow of the Tomb Raider
di settingan maksimal 1440p dapetnya sekitar 60fps, itu udah oke sih buat saya framerate nggak teralu penting lah.

Dan kalau kita hajar pake game berat lain, yang butuh frame rate tinggi dan refleksi dimana mana, kayak F1 2018 dia dapetnya di 80 fps di resolusi 1440p Itu presetnya rata kanan. Jadi dari performa CPU sama GPU udah garang banget juga.

Sistem Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Sistemnya juga stabil. Selama saya main nggak kerasa ada banyak frame drop atau throttling, Pas saya coba kasih stress test di 3D Mark dia juga lolos dengan skor 97%an. Ada satu bagian yang saya lumayan kepikiran sih dari laptop ini soal panasnya.

Bukan overheat! dia kalau dipegang masi enak enak aja panasnya itu wajar tapi saya lebih salfok sama kipas dari laptopnya nembakin angin panas ke arah layar, dan bikin bagian bawah layarnya jadi lumayan anget. Ntah dalam jangka waktu lama efeknya bakal negatif atau nggak ? harusnya sih nggak.

Harusnya udah diitung oleh tim desain ASUS lah, soalnya mereka sudah ahli dan harusnya yang kayak ginian udah kepikiran lah.

Kesimpulan Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060Kesimpulannya, saya jadi ngerti sih sama komen banyak orang yang bilang kalau laptop ini calon laptop gaming terbaik di 2021. Walaupun masih ada banyak laptop dengan spek yang lebih gila lagi, contohnya kayak RoG Zephyrus Duo 15 SE GX551 yang layarnya sampai ada dua itu, terus harganya juga 50 juta lebih tapi yang namanya terbaik itu memang relatif tergantung orangnya.

Ada yang artiin terbaik itu sebagai yang paling kenceng atau yang paling mahal, atau justru yang paling murah yang terbaik itu price to performance terbaik ? Tapi buat saya, laptop gaming terbaik itu yang semuanya serba seimbang nggak harus fokus ke satu bagian doang.

Dan Zephyrus G15 ini buat saya udah salah satu laptop gaming terbaik di 2021, Saya setuju sih. Mulai dari desainnya yang khas enak diliat, bobotnya enteng enak dibawa bawa, baterainya awet
buat laptop gaming portnya banyak, layarnya cakep, keyboardnya enak dipake ngetik, trackpadnya luas dan tentu aja performanya boleh diadu.

Buat harganya sendiri, nggak bisa saya bilang dengan pasti ya resminya berapa, Karena ASUS kan belum launching dan tiap launching itu yang ditunggu memang harganya. Cuma mereka belom launching yang punya barang belum pasang harga.

Tapi kalau liat harga di toko-toko online yang udah jualan kira-kira ketebak lah kisarannya, Harusnya nggak jauh jauh dari 30 juta, Apakah 30 juta itu kemahalan? Buat 95% orang, jelas iya.

Tapi kalau saya inget cerita soal Zephyrus G14 yang harganya 25 juta kayanya sekitar itu tapi stocknya juga habis terus dicari kaya nggak ada stock di toko-toko ya jadi inget lagi kalau harganya itu juga relatif.

Ya kayak masuk kategori terbaik atau nggak itu relatif juga lah kayak hidup ya relatif semua. Demikian review asus Zephyrus G15 yang…berapa ya tadi GA503 ya?
terus apa… QM? ya pokoknya 503 gitu sih.

Video Review Asus RoG Zephyrus G15 RTX 3060

Sumber transkip youtube Gadgetin https://www.youtube.com/watch?v=OPoWq7payoU

Tinggalkan komentar